Survey IPI ‘Jagokan’ TP FAS

TPFAS

Lembaga Survei Indeks Political Indonesia (IPI) memprediksi pasangan HM Taufan Pawe dengan Faisal Achmad Sapada (TP FAS) bakal memenangi pemilihan walikota Parepare Agustus mendatang.
“Dari simulasi yang dilakukan oleh lembaga kami, TP FAS memiliki peluang yang besar untuk menjadi pemenang pemilukada,” beber Direktur Eksekutif IPI, Suwandi Idris Amir, kemarin.
Idris mengungkapkan, survei perorangan yang dilakukan oleh lembaganya menempatkan HM Taufan Pawe (TP) pada urutan teratas, dan Achmad Faisal Andi Sapada (FAS) pada urutan kedua.
Menurut dia, pemilih dalam menentukan dan menyalurkan hak suara pilihannya di pemilukada, memperhitungkan 3 hal. Yakni faktor kefiguran tokoh pada kandidat, visi misi dan program kerakyatan yang ditawarkan kontestan, serta geopolitik.
“Salah satu pasangan yang memiliki dukungan geopolitik yang sangat kuat, karena berada dari basis Massenrempulu (Maspul),” urainya.
Sehingga Sjamsu Alam yang merupakan asli Maspul, memiliki ketergantungan terhadap geopolitik tersebut dan akan menjadi rival utama dari TP FAS.
“Jika dimanfaatkan oleh paket ini, maka hasil akhir, TP FAS akan mengungguli Bersaudara meski peluangnya 60 persen menang,” tandasnya.
Optimistisme kemenangan TP FAS ini, lanjut Suwandi, disimpulkan setelah dua kali melakukan survei. Hasilnya, pasangan TP FAS terus berada di posisi teratas, bahkan dukungan publik terus menguat hingga mencapai 60 persen.
Dia mengatakan sebanyak 30 persen pemilih saat ini sudah menjatuhkan pilihannya terhadap paket ini (TP FAS), sementara suara mengambang, merupakan garapan pasangan yang diusung Partai Golkar itu.
Dari asumsi itu, IPI menilai Paket Sjamsu Alam- Andi Darmawangsa (Bersaudara) dan Taqyuddin Djabbar-Herman Zain Katoe (TQ-H1) kalah satu langkah dari rivalnya, TP FAS.
Kendarti begitu, dalam rentang waktu 3 bulan ini, (Mei-Agustus), tetap masih memungkinkan bagi pasangan lain untuk mengejar, selama program rill yang ditawarkan dan dipromosikan kepada masyarakat.
Calon Wakil Wali Kota, Achmad Faisal Andi Sapada mengaku hasil survei dan prediksi yang dilakukan IPI. Itu tidak membuat timnya lengah, sebab kemungkinan lain bisa saja terjadi. “Kami tetap waspada dan terus bekerja,” tandas Sekretaris Kota Parepare tersebut.

Sumber: ajatapparengnews.com
http://bit.ly/11mwIsL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s